Ini Cara Mudah Membuat Website

Cara membuat website sendiri baik itu yang gratis maupun yang berbayar sering dicari orang-orang yang awam dengan hal-hal seperti ini. Mulai dari sekedar merasa keren mempunyai halaman web yang online dan bisa dibaca banyak orang; sampai ke hal-hal komersil yang ditujukan untuk mencari uang dari internet.

Karena membuat website adalah sesuatu yang sangat basic atau mendasar untuk kegiatan di internet dan teman-teman mengunjungi halaman ini, maka saya simpulkan bahwa teman-teman masih cukup awam tentang masalah internet ini.

Jadi saya akan membuat penjelasan tentang cara membuat website ini menjadi selengkap dan sesederhana mungkin sehingga bisa membantu teman-teman yang membuat websitenya dari nihil.

Harap membaca artikel ini secara seksama dan tidak usah berniat menghabiskannya dalam sekejap, karena kemampuan untuk membuat website bukanlah sesuatu yang bisa anda kuasai dalam sekejap.
(Apalagi kalau website yang anda buat haruslah website yang bersaing di mesin pencari seperti jual, dan website yang bisa menjual produk-produk anda, maka semakin banyak aspek yang harus anda pelajari)

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat website sendiri di internet ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membuat website anda yang pertama. Tentunya saya akan membagi penjelasan ini ke dalam beberapa bagian agar bisa membantu anda mempelajarinya secara bertahap.

Cara Membuat Website Sendiri

Materi ini akan terbagi dalam beberapa bagian:
Apa Perbedaan Website dan Blog?
Persiapan Awal Membuat Website
Mengenal 2 Cara Membuat Website
Bentuk Dasar Dari Sebuah Halaman Website
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Website
Jadi langsung saja teman-teman baca artikel ini selengkapnya….
1. Apa perbedaan Website dan Blog?

Ada banyak sekali teman-teman yang pada saat baru akan membuat website untuk pertama kalinya, tidak bisa membedakan antara website dan blog. Anda cek di Google pun pertanyaan tentang perbedaan antara website dan blog ini sudah menjadi kata kunci tersendiri. Jadi saya rasa masalah ini perlu saya jelaskan sedikit.
apa perbedaan website dengan blog?

Website adalah suatu istilah yang sangat umum untuk menyebutkan sekumpulan halaman-halaman elektronik yang terdaftar di dalam suatu nama domain tertentu dengan sistem hirarki yang diatur oleh pengembangnya . Halaman-halaman di dalam website anda ini ada yang bersifat halaman statis, dan ada yang bersifat halaman-halaman yang kontennya terus bertambah dan diupdate secara terus menerus.

Halaman-halaman yang cenderung diupdate secara terus-menerus inilah yang kemudian disebut sebagai blog.

Jadi di dalam suatu website bisa ada halaman-halaman statis, seperti halaman tentang kami, hubungi kami, cara pemesanan, Pendaftaran, dll. Bisa juga ada halaman-halaman posting produk pada sebuah toko online dan sudah tentu juga ada blog.

Jadi blog adalah salah satu bentuk website yang bisa anda miliki.

Ada banyak sekali jalan untuk mempunyai blog saat ini. Baik itu dengan menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress.com, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat blog dari website yang anda hosting sendiri; selama desain dari website anda memang mempunyai fitur blog.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat website selengkapnya, silahkan membaca lebih lanjut.
2. Persiapan Awal Membuat Website

Ok, sekarang anda sudah siap untuk membuat website anda. Persiapan apa saja yang anda perlukan untuk melakukan ini? Sederhana saja untuk membuat sebuah website anda memerlukan sebuah nama domain dan sebuah server untuk hosting file-file web anda.

Bagi pengguna blog; membuat website tidak harus memikirkan 2 hal ini, karena nama domain awal adalah nama domain penyedia layanan; dan servernya pun akan dihosting pada server penyedia layanan blog tersebut. Jadi bagi pengguna blog bisa langsung mempelajari bagaimana cara membuat website sendiri dari link yang tersedia pada sesi blog di bawah.

Tapi untuk anda yang akan menggunakan hosting sendiri; anda perlu mempersiapkan 2 hal di bawah ini….

Memilih dan Membeli Nama Domain Anda

cara memilih dan membeli nama domain
Memilih nama domain adalah sesuatu yang sangat penting untuk pembuatan website anda karena naama domain ini akan sangat membantu dalam optimasi SEO website anda nantinya. Akan sangat baik jika anda mau mempertimbangkan untuk memasukkan kata kunci ke dalam nama domain yang anda beli.

Kalau bisa memberi masukkan maka saya akan merekomendasikan anda memakai nama domain yang menggabungkan 3 kata, yaitu 2 kata berisi kata kunci dan 1 kata untuk brand anda. Misalnya: batiktuliskencana.com. Memilih nama domain seperti ini saat akan membuat website bisa sangat membantu optimasi SEO website anda ke depannya.

Saya sangat merekomendasikan untuk selalu memakai versi .com dari nama domain anda, karena ini adalah versi yang paling sering diingat orang, jika mereka hanya mengingat nama domain anda saja. Jangan sampai website anda memakai TLD selain .com menjadi penyumbang trafik ke website yang memakai .com.

Jika anda sudah mempunyai nama domain yang terpilih, maka sekarang anda sudah bisa membeli nama domain tersebut. Di mana anda bisa membeli nama domain tersebut? Ada banyak sekali penyedia jasa registrasi nama domain di Internet yang bisa anda pilih.

Anda bisa googling dengan kata kunci web hosting murah atau web hosting indonesia untuk menemukan layanan jasa seperti ini. Kenapa hosting? Karena mereka menyediakan jasa registrasi nama domain dan anda sudah barang tentu memerlukan hosting untuk website anda.

Kecuali anda memakai blogspot, maka anda bisa hanya memesan nama domain saja dan tidak perlu membeli paket hosting. Nanti jasa registrasi nama domain anda bisa memberitahukan kepada anda cara untuk melakukan redirect nama domain yang anda beli agar yang terbuka adalah blogspot anda.

Setelah anda sampai ke website penyedia jasa hosting, maka anda akan melihat di website tersebut ada sebuah form di mana anda bisa menguji apakah nama domain dan versi TLD yang anda inginkan masih tersedia atau sudah dimiliki orang lain. Cari sampai anda menemukan nama domain yang masih tersedia untuk website anda.

Memilih dan Membeli Paket Hosting

bagaimana memilih server hosting untuk website
Setelah anda memilih nama domain, maka sekarang sudah saatnya anda memilih paket hosting. Jika anda bingung mau membeli paket hosting di mana dan tidak bisa mempercayai hasil googling begitu saja, maka anda bisa masuk ke forum-forum blogger di facebook.

Be the first to comment on "Ini Cara Mudah Membuat Website"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*