Ideologi Pancasila dan pengertian

Persyaratan ideologi yang berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata, yaitu “ide” dan “logi”. Idenya adalah untuk melihat (Idean) sementara ogy berasal dari kata “logos” yang berarti pengetahuan / teori. Jadi ideologi, bisa diartikan sebagai hasil dari penemuan dalam pikiran dalam bentuk pengetahuan atau terlalu teoritis. Ideologi juga diartikan sebagai koleksi adalah aplikasi dari konsep-konsep yang mendasari pendapat (peristiwa) yang memberikan arti dan tujuan untuk kelangsungan hidup.
Ideologi yang dapat menyesuaikan diri dari perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasar pancasila. Makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila dapat menyesuaikan dan diterapkan dari dinamika di Indonesia dan didunia. Tetapi tidak merubah nilai-nilai dasar Pancasila itu sendiri. Sehinga pancasila dapat digunakan dan diterapkan dalam berbagai zaman.

A. Syarat- Syarat Menurut para ahli Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka, karena telah memenuhi syarat-syarat sebagai Ideologi terbuka antara lain sebagai berikut…
Nilai Dasar, adalah nilai dasar yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 yang tidak berubah
Nilai Instrumen, ialah nila-nilai dari nilai dasar yang dijabarkan lebih kreatif dan dinamis ke bentuk UUD 1945, ketetapan MPR, dan peraturan perundang-undangan lainnya
Nilai Praktis, adalah nilai-nilai yang dilaksanakan di kehidupan sehari-hari, baik di masyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai praktif bersifat abstrak, seperti mengormati, kerja sama, dan kerukunan. Hal ini dapat dioperasionalkan ke bentuk sikap, perbuatan, dan tingkah laku sehari-hari.
B. Dimensi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka – Ideologi Pancasila memiliki 3 dimensi penting yaitu sebagai berikut…
1. Dimensi Realitas adalah mencerminkan kemampuan ideologi untuk mengadaptasika nilai-nilai hidup dan berkembang dalam masyarakat
2. Dimensi Idealisme adalah idealisme yang ada dalam ideologi mampu menggugah harapan para pendukugnya
3. Dimensi Pendukung adalah mencerminkan atau menggambarkan kemampuan suatu ideologi untuk memengaruhi dan menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat.
Ideologi pancasila Menurut para ahli

Karl Marx memahami memahami oposisi ini dengan gagasan ideologi yang dikemukakan oleh ideologi Destutt de Tracy. Menurut Karl Marx, ideologi adalah kesadaran palsu. Mengapa kesadaran palsu? Karena ideologi ini adalah hasil pemikiran yang dibuat oleh pemikir, tetapi pemikir kesadaran pada dasarnya ditentukan oleh keberadaan ideologi kepentingannya.Jadi sebagai Karl Marx-ketergantungan adalah spekulatif ketergantungan pada moralitas agama atau Meskipun keyakinan politik juga spekulasi Ideologi dianggap sebagai mampu menyembunyikan atau melindungi kepentingan pemikir kelas sosial itu ..

pancasila sebagai ideologi terbuka 

Namun, ideologi negara dapat diartikan sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena ideologi negara berdasarkan pada kepentingan masyarakat untuk ide mencari kesejahteraan seluruh masyarakat.

ideologi pancasila

pancasila sebagai ideologi negara 

pancasila sebagai ideologi

Be the first to comment on "Ideologi Pancasila dan pengertian"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*